Pembekalan Praktik Belajar Lapangan Prodi S1 Kesmas Mengenal Temanggung bersama kepala Puskesmas Pare, kepala desa bengkal dan kepala desa Badran yang diwakili oleh sekretaris desa

Kegiatan Pembekalan dilaksanakan pada hari kamis, 11 Januari 2024 Pada siang hari  pukul 13.00


Acara pembekalan Praktik belajar Lapangan di kelompok wilayah kerja Puskesmas Pare dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dihadiri oleh tiga narasumber diantaranya kepala Puskesmas Pare, kepala desa bengkal dan kepala desa Badran yang diwakili oleh sekretaris desa.

Dalam pembekalan disampaikan mengenai hal-hal pokok terkait profil dari Puskesmas dan profil dari masing-masing desa. Dimulai dari profil Puskesmas Pare yang menyampaikan informasi mengenai profil dan struktur Puskesmas Pare, Analisis SWOT dari Puskesmas Pare, capaian kinerja UKM, dan program Inovasi. dr. Tumisah selalu kepala Puskesmas juga menyampaikan menganai beberapa kegiatan yang mendukung misi dari Puskesmas Pare

“Ada beberapa program yang mendukung misi dari puskesmas pare diantaranya meningkatkan kompetensi kader dalam pelaksanaan kegiatan UKBM, pelaksanaan intervensi dengan pendekatan keluarga, meningkatkan kompetensi SDM, juga memisahkan layanan khusus seperti Ispa/TB”

Program Inovasi yang dijalankan oleh Puskesmas juga beragam, dalam program inovasi dirumuskan masalah apa yang sedang di alami di masyarakat, sehingga bisa di tentukan solusi dan program inovasinya. Kepala Puskesmas juga menyampaikan tentang peran yang nantinya bisa diterapkan oleh mahasiswa ketika akan terjun ke lapangan

“Mahasiswa juga bisa untuk ikut berperan aktif menjalankan program-program inovasi yang ada di Puskesmas Pare nantinya juga bisa dikomunikasikan dengan pihak terkait”.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Desa Bengkal yang menyampaikan mengenai Gambaran umum dan potensi desa meliputi profil desa, Letak geografis, Jumlah penduduk, wisata desa juga hasil dari produk olahan yang dibuat oleh warga desa bengkal. Bpk. Istianto menyampaikan mengenai program inovasi desa bersinar dimana nantinya mahasiswa juga bisa ikut serta dalam berbagai kegiatan yang termasuk dalam program desa bersinar.

“Desa bersinar ini salah satu program inovasi yang sudah diterapkan dari tahun 2021, Kegiatan ini bersinergi dengan Puskesmas dan karang taruna. ada beberapa kegiatan yang termasuk kedalam program desa bersinar, seperti pertemuan warga, kegiatan genre oleh kader kesehatan, tani milenial dan posyandu, mahasiswa nanti juga bisa ikut serta dalam kegiatan desa seperti kegiatan genre atau dalam kegiatan desa yang lain”

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bpk. Dwi Agus selalu sekretaris desa yang mewakili kepala desa Badran

Beberapa hal yang disampaikan ialah terkait dengan profil desa Badran meliputi gambaran umum, struktur organisasi dan tata kelola,jumlah penduduk, batas wilayah, kondisi geografis, jarak tempuh, pembagian wilayah, dan pelayanan kantor desa Badran. Bpk dwi Agus juga menyampaikan alur koordinasi yang bisa mahasiswa terapkan ketika melakukan praktik belajar Lapangan.

“Silahkan untuk nantinya apabila dari mahasiswa ada agenda atau program bisa dikoordinasikan dengan kadus setempat, atau nanti apabila ada kegiatan yang berhubungan dengan Puskesmas bisa berkoordinasi dengan bidan desa”

Ketiga narasumber berharap segala bentuk program yang direncanakan ketika praktik belajar Lapangan nanti bisa berjalan dengan lancar dan berkelanjutan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments