Kata Pengantar

 
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat datang di Laman Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang.

Saat ini, kita berada di Era Revolusi Industri 4.0 dimana berbagai aktivitas kehidupan manusia terhubung dan dikerjakan berbasis internet (Internet of Things). Selaras kondisi tersebut, laman ini dikembangkan sebagai media informasi dan komunikasi bagi masyarakat luas tentang eksistensi, jati diri, peran, aktivitas pelayanan, dan pengembangan ilmu di FKM UNIMUS. Prestasi kelembagaan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa disajikan untuk dapat diakses bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Demikian pula, berbagai pihak dapat mengakses berbagai layanan FKM UNIMUS di laman ini.

FKM UNIMUS adalah solusi. Sejak 4 Agustus 1999, FKM UNIMUS hadir sebagai bagian dari komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memperluas jangkauan dan pemerataan pendidikan di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat mengingat pada saat itu belum ada FKM swasta di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami hadir sebagai jawaban atas minat masyarakat dan kebutuhan tenaga kesehatan masyarakat yang tinggi.

FKM UNIMUS bercita-cita menjadi pusat pengembangan ilmu kesehatan masyarakat, berwawasan internasional, berbasis teknologi dan nilai-nilai Islam, dengan penekanan pada pengembangan promosi, prevensi dan penanggulangan penyakit tropik. Tolok ukur pencapaiannya antara lain peningkatan luaran penelitian dalam bentuk publikasi internasional, teknologi terapan, hak atas kekayaan intelektual (KI), kegiatan pengabdian kepada masyarakat, buku teks dan buku ajar, disamping peningkatan jumlah mahasiswa asing.

Fokus unggulan FKM UNIMUS adalah pengembangan promosi, prevensi dan penanggulangan penyakit tropik. Luas wilayah dan kompleksitas masalah kesehatan masyarakat di daerah tropis menjadi bidang kerja profesional dan laboratorium alam yang sempurna. Penguasaan kompetensi unggulan ini berarti menguasai ilmu dan teknologi pemecahan masalah kesehatan masyarakat dari sebagian besar penduduk dunia.

Dua puluh satu tahun berkiprah dan berkomitmen dengan mutu, FKM UNIMUS menunjukkan perkembangan prositif dan progresif dalam penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Keunggulan pelaksanaan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) telah terwujud secara nyata sehingga pada tanggal 19 November 2020, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM UNIMUS mendapatkan peringkat Akreditasi A (Unggul) dari LAMPT-Kes berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 0419/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2020.

Anugerah ini disambut dengan rasa syukur yang mendalam oleh segenap sivitas akademika, dan segera diteruskan dengan karya-karya prestatif baru untuk mempertahankan keunggulan dan meningkatkan prestasi. Mutu pembelajaran bauran (blended learning) antara daring dan luring terus ditingkatkan, dan dikombinasikasi dengan merdeka belajar kampus merdeka, serta penguatan praktikum dan praktik lapangan. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa difokuskan pada kerjasama luar negeri dan publikasi internasional, disamping perolehan hak atas kekayaan intelektual, serta formulasi kegiatan pengabdian dan bahan ajar dari hasil-hasil penelitian. Peningkatan mutu dosen melalui studi lanjut dan percepatan kenaikan jabatan fungsional difasilitasi secara tersistem. Alloh SWT berfirman dalam QS Al Insyirah (7-8): Fa-idza faraghta fanshab [maka bila  selesai (mengerjakan satu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)]; Wa ila Rabbika farghab (dan hanya kepada Tuhanmu kamu berharap).  Semoga Alloh meridhoi. Aamiin, ya Rabbal’alamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dekan,
Dr. Sayono, SKM, M.Kes(Epid)