idenar
Home / Perpustakaan

Perpustakaan

perpus2

Perpustakaan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang dengan sistem pelayanan terbuka (open access). Sistem sangat memungkinkan pemakai jasa perpustakaan bebas menggunakan koleksi dan fasilitas yang ada, dengan pemanfaatan jaringan intranet dan internet.

Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan, sebagaian besar adalah buku mata kuliah dasar kusus (MKDK) dan sebagian kecil adalah buku kuliah dasar umum (MKDU), seperti buku-buku tentang bahasa, agama, pancasila. Buku-buku populer, dan buku-buku fiksi, yang bisa diakses melalui internet maupun intranet.

Jenis Koleksi yang dimiliki Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang adalah sebagai berikut:

perpus1

1. Buku Teks
Buku teks atau bisa disebut buku ajar yaitu buku yang ditulis khusus untuk mahasiswa yang belajar dan menempuh dalam suatu pengajaran (indolib.net) Buku ini dapat dipinjam untuk dibawa pulang sesuai prosedur peminjaman yang telah ditetapkan.

2. Buku Cadangan
Adalah semua judul buku yang dimiliki perpustakaan dimana buku ini tidak dapat dibawa pulang melainkan hanya di foto copy saja.

3. Buku Referensi
Atau buku acuan / pustaka acuan adalah pustaka yang isinya disusun dan diolah secara tertentu untuk digunakan sebagai tempat bertanya atau mencari informasi dan bukan untuk dibaca seluruhnya (indolib.net). Yang termasuk buku referensi antara lain : kamus, direktori, buku tahunan, ensiklopedia, almanak, buku biografi, majalah abstrak, indeks, dan lain-lain. Koleksi ini hanya boleh dibaca di tempat dan difotokopi.

4. Karya Ilmiah
Adalah buku hasil penelitian seseorang yang berguna pula sebagai rujukan dan untuk mengembangkan pengetahuan antara lain skripsi, tugas akhir, dan penelitian.

5. Terbitan berseri
Terbitan berseri adalah terbitan yang keluar dalam bagian secara berturut-turut dengan menggunakan nomor urut dan/atau secara kronologi dimaksudkan untuk terbit dalam waktu yang tidak ditentukan.

6. Jurnal Ilmiah
Perpustakaan juga berlangganan jurnal ilmiah sesuai kebutuhan program studi, baik junal lokal, regional, maupun internasional. Jurnal dalam bentuk cetakan dan jurnal elektronik (e-jurnal). Jurnal internasional (e-jurnal) yang dapat diakses diantaranya adalah ProQuest, Cengage (Gale), dan EBSCO.
Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (JKMI) di terbitkan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang yang sudah berbasis OJS (Open Journal System) yang dapat diakses oleh semua mahasiswa dan umum.