Alur Permohonan Ethical Clearance (EC) ke Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FKM Unimus Semarang adalah sebagai berikut:
  1. Peneliti menyampaikan surat permohonan EC (kepada Ketua Komisi Etik Penelitian Kesehatan FKM Unimus Semarang), proposal penelitian (apabila mahasiswa ada pengesahan dari pembimbing, penguji dan pimpinan fakultas, apabila dosen ada pengesahan dari LPPM institusi) rangkap 1 (satu), protokol, Informed consent, susunan tim peneliti beserta CV Biodata peneliti rangkap 3 (tiga) ke Sekretariat KEPK yang dilengkapi dengan soft copy kelengkapan berkas (surat permohonan, protokol, Informed consent, susunan tim peneliti beserta CV Biodata peneliti) dalam CD (format pdf)
  2. Peneliti membayar besaran tarif permohonan EC ke Sekretariat KEPK
  3. Petugas Sekretariat KEPK akan memberikan tanda terima untuk pengusul
  4. Sekretariat KEPK menindaklanjuti permohonan telaah protokol dengan menyerahkan berkas permohonan kepada Ketua KEPK untuk penetapan penelaah.
  5. Penelaah yang ditunjuk melakukan penilaian protokol penelitian.
  6. Penelaah menyampaikan hasil penilaian protokol penelitian kepada Ketua KEPK melalui Sekretariat
  7. Ketua KEPK selanjutnya menugaskan staf sekretariat KEPK untuk menindaklanjuti hasil telaah sesuai disposisi Ketua KEPK.
  8. Sekretariat KEPK:- Menyerahkan kembali protokol penelitian hasil telaah kepada peneliti yang bersangkutan untuk perbaikan bila ada tanggapan/saran dari KEPK atau– Membuat Persetujuan Etik (Ethical Clearance) bila protokol tersebut telaah memenuhi syarat atau– Membuat surat penolakan Etik bila protokol tersebut tidak memenuhi syarat untuk dilaksanakan
  9. Peneliti menyerahkan kembali hasil perbaikan protokol tersebut kepada Sekretariat KEPK.
  10. Sekretariat menyerahkan protokol kepada ketua untuk ditelaah ulang.
  11. Ketua KEPK meminta penelaah untuk menelaah perbaikan protokol.
  12. Penelaah melakukan telaah ulang terhadap protokol yang diajukan dan melaporkan hasilnya kepada ketua KEPK.
  13. Ketua KEP menginformasikan ke sekretariat untuk menindaklanjuti Keputusan Persetujuan Etik.
  14. Petugas Sekretariat akan memberitahukan peneliti bahwa Surat Persetujuan Etik sudah terbit dan meminta datang untuk mengambilnya.