JKMI Telah Bertransformasi ke OJS

UNIMUS | Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (JKMI) telah bertransformasi ke Open Journal System (OJS). Diterbitkan oleh Unit Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian di bidang kesehatan masyarakat dalam lingkup ilmu epidemiologi, kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, administrasi dan kebijakan kesehatan, biostatistik-kependudukan, dan gizi masyarakat.

Artikel pada jurnal ini terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli serta bersifat open access untuk mendukung perubahan ilmu pengetahuan secara global.

Author Guidelines pada Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan tata bahasa baku ragam ilmiah.
  2. Judul singkat (10-15 kata), jelas dan menggambarkan isi; jika naskah dalam bahasa Indonesia, maka judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Nama penulis ditulis lengkap (nama depan, tengah dan belakang) tanpa gelar akademik, disertai afiliasi dan alamat korespondensi elektronik yang jelas dan aktif.
  4. Abstrak ditulis terstruktur (IMReDiC) menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, sekitar 150-200 kata. Struktur abstrak mencakup latar belakang dan tujuan (introduction), metode (method), hasil (results), pembahasan (discussion), dan kesimpulan (conclusion).
  5. Pendahuluan
  6. Metode
  7. Hasil berisi temuan utama penelitian yang disertai tabel, grafik dan atau gamber penjelas. Uraian maksimum 30% dari panjang naskah artikel.
  8. Pembahasan berisi elaborasi antara data, fakta, teori dan argumentasi logis penulis berdasarkan pustaka primer yang menjadi rujukan.
  9. Kesimpulan dan saran merupakan pokok-pokok hasil dan usulan/rekomendasi penulis untuk pemecahan masalah lebih lanjut berdasarkan temuan penelitian.
  10. Daftar pustaka terdiri dari artikel jurnal (pustaka primer) minimum 60% dan pustaka sekunder dan tersier maksimum 40%. Penulis wajib mengutip artikel JKMI edisi sebelumnya pada artikel yang di-submit. Tulisan popular tidak diperkenankan sebagai referensi.
  11. Sitasi menggunakan sistem Vancouver, dengan uraian sebagai berikut:a. Artikel jurnalb. Buku teksc. Profild. Laporan institusie. Dokumen yang tidak dipublikasikan
  12. Ucapan terima kasih
  13. Konflik kepentingan
  14. Etika penelitian
  15. Pernyataan bebas plagiarisme

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan Author sebelum mengirimkan artikel sebagai berikut:

  1. Artikel yang di-submit belum pernah dipublikasi di jurnal lain.
  2. Berkas artikel yang di-submit menggunakan format OpenOffice, Microsoft Word, RTF atau WordPerfect.
  3. Sedapat mungkin, URL pustaka dicantumkan.
  4. Naskah ditulis dengan spasi tunggal, ukuran huruf 12; cetak miring, garis bawah (kecuali alamat URL), dan ilustrasi, gambar, dan tabel disesuaikan kebutuhan dalam naskah.
  5. Tatacara sitasi mengikuti panduan penulisan.
  6. Submisi ke mitra bestasi harus mematuhi instruksi Ensuring a Blind Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *